Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Tips Cara Rawat Burung Kacer Mabung/Moulting

Cara Merawat Burung Kacer Mabung / Moulting

Tips Cara Rawat Burung Kacer Mabung/Moulting
Burung kacer mabung

Banyak dari penghobi pemula yang masih bingung dengan cara rawat burung kacer mabung atau moulting. Memang pusing dan mangkel juga saat kita melihat si burung kacer yang tiba-tiba diam, dari yang semula rajin berkicau. Cuma sesekali saat subuh atau sore hari mau berbunyi ngeplong. Atau bahkan membisu sama sekali. 

Tapi memang itulah tanda-tanda burung kacer sedang menuju masa mabung / moulting. Disusul dengan bulu-bulu halus / tipis yang rontok satu persatu. Sebenarnya kalau kita jeli dan sudah terbiasa memelihara burung, maka akan sangat terlihat tanda-tanda burung mulai memasuki masa mabung / moulting. Yang tampak sekali adalah pada tampilan bulu burung yang terlihat kusam, tidak mengkilat, dan tidak rapi (tidak kencang). Dan burung mulai kelihatan malas beraktifitas dan berkicau.

Nah apabila sudah tampak gejala seperti itu sebaiknya langsung saja lakukan terapi mabung kepada si burung. 

Tips cara merawat burung kacer mabung ini dikhususkan untuk penghobi pemula dengan momongan rumahannya. Bagi para master yang kebetulan membaca postingan ini boleh juga menambahkan masukannya pada kolom komentar di bawah. 
  1. Pisahkan burung kacer dengan burung lainnya. Atau kalau bisa tempatkan kacer pada ruangan tersendiri dengan tetap memperhitungkan ventilasi ruangan yang baik.
  2. Terapkan full kerodong pada burung kacer. Boleh diangin-anginkan sebentar saja saat memberi makan. Tidak perlu tiap hari. Misal 3 hari sekali dianginkan 15 menit saja.
  3. Ada beberapa penghobi yang mengganti pur / voer burung kacer dengan voer pakan ayam. Dimaksudkan Agar bulu cepat rontok tentunya. 
  4. Beri kroto rutin tiap hari kira-kira 1 sendok makan. Ini yang biasanya ampuh merontokkan bulu. Karena perawatan harian burung kacer tidak perlu memberikan kroto yang berlebih, cukup seminggu sekali. Sehingga saat kroto diberikan rutin, bulu akan cepat rontok. 
  5. Burung tidak perlu dijemur atau dimandikan. Full kerodong. Burung kacer mulai dimandikan dan dijemur saat bulu baru sudah tumbuh rapi. Biasanya memakan waktu sekitar 2 bulan dari awal rontok bulu. 
  6. Bersihkan kotoran burung seminggu sekali. Ada pula penghobi yang ekstrim tanpa membersihkan kotoran selama proses mabung. 
  7. Ada juga tips dari para penghobi untuk menaburi alas sangkar dengan kapur dan dedak untuk tujuan mmenaikkan suhu sangkar sehingga burung akan merespon dengan metabolismenya merontokkan bulu secara otomatis dan tuntas sehingga bulu burung akan berganti baru secara full. Silahkan bagi para penghobi untuk mencoba tips ini. 
Usahakan burung Kacer bisa mabung / moulting secara tuntas. Tidak hanya nyulam atau beberapa bulu saja yang berganti. Karena ini yang menentukan performa burung Kacer selanjutnya. Apabila mabung tidak tuntas dan tidak dituntaskan, burung biasanya akan berbeda performanya dengan sebelum masa mabung. Andai dulu sebelum mabung burung gacor dan rajin bunyi, apabila sudah melewati masa mabung / moulting namun tidak sempurna, bisa jadi burung menjadi tidak rajin berbunyi dan kembali giras / liar.

Kemudian apabila bulu telah tumbuh sempurna kembali mandikan dan jemur burung Kacer secara bertahap. Pemberian kroto juga dihentikan setelah bulu mulai tumbuh (jadi hanya untuk memudahkan proses merontokkan bulu). Beri kroto 1 minggu / 2 minggu sekali saja. 

Untuk tambahan sebaiknya masa mabung baik digunakan untuk memaster burung. Bisa dengan mp3 suara burung Lover Bird misalnya. Karena burung lebih banyak beristirahat dan lebih fokus dalam mendengar / menyerap suara masteran / burung lain.

Secara garis besar kurang lebih perawatan burung Kacer Mabung sudah dipaparkan pada artikel di atas, yang terpenting adalah pengamatan kita terhadap karakter burung Kacer tersebut. Semakin kita jeli dan telaten memahami karakter burung, semakin baik juga kualitas burung yang kita punyai.


Download suara masteran burung Kacer tarung bisa didownload di sini:


Posting Komentar untuk "Tips Cara Rawat Burung Kacer Mabung/Moulting"