Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Burung Kucing Telinga Putih / White-eared Catbird

Burung Kucing Telinga Putih / White-eared Catbird

Burung kucing / catbird termasuk ke dalam kategori burung kicau. Kicauannya unik menyerupai suara kucing, "meaow". Beberapa jenis spesiesnya dapat dijumpai juga di Australia. Pada artikel kali ini akan membahas khusus untuk burung kucing telinga putih.

Seorang ornitologis, Martin Irestedt, beserta sejawatnya melakukan penelitian secara genetik tentang spesies burung kucing kuping putih dan menemukan ada tiga garis keturunan yang berbeda: 
  • Burung kucing kuping putih / White-eared catbird (Ailuroedus buccoides), dijumpai di area Semenanjung Kepala Burung Papua. 
  • Burung kucing dada oker / Ochre-breasted catbird (Ailuroedus stonii), berasal dari dataran rendah bagian selatan New Guinea. 
  • Burung kucing topi coklat / Tan-capped catbird (Ailuroedus geislerorum), terdapat di dataran rendah bagian utara New Guinea.
Namun, pada tahun 2016 Burung kucing dada oker dan Burung kucing topi cokllat dipisahkan dari Burung kucing telinga putih sebagai spesies yang terpisah.

Nama 

Nama ilmiah Ailuroedus buccoides. Nama asing White-eared catbird. Nama lokal burung Kucing Telinga/Kuping Putih 

Karakter dan Ciri Fisik Burung Kucing Telinga Putih

Memiliki bulu di atas kepala (mahkota) berwarna coklat tua dan bermata hitam. Warna tersebut kontras dengan pipi dan tenggorokan putih. Ciri bulu punggung berwarna hijau dengan warna bulu perut bintik-bintik/totol. Pipinya putih, begitu juga dengan paruhnya, sedang iris matanya merah. 

Burung kucing telinga putih memiliki warna lener/kerah hitam yang berantakan menyambung dengan mahkota di bagian belakang leher. Bentuk dada dan perutnya membuncit dengan corak bintik-bintik hitam besar.

Warna hijau pada bulu punggungnya sama dengan burung Kucing Tutul, bedanya burung Kucing Tutul bulu perutnya berwarna kehijauan berbintik putih.


Persebaran dan Habitat Burung Kucing Telinga Putih

Lazimnya ditemui di dataran rendah dan pedalaman hutan kaki pegunungan di bagian barat New Guinea dan kepulauan Papua Barat. Memiliki habitat asli di kawasan hutan kering subtropis / tropis serta kawasan hutan dataran rendah lembab subtropis / tropis.

Peta Persebaran Burung Kucing Telinga Putih
Peta Persebaran Burung Kucing Telinga Putih

Wilayah persebaran burung Kucing Telinga Putih ini ada pada pulau Papua, Salawati, dan Waigeo. Karakter suara dari burung Kucing Telinga Putih ini cukup unik, yaitu bersuara seperti "shh.. shh..shh.." dan nada tinggi "chink..". Contoh audionya ada di bawah ini.

Suara Burung Kucing Telinga Putih



Makanan Burung Kucing Telinga Putih

Makanannya adalah buah-buahan, serangga, atau juga larva serangga. Biasanya terlihat sendirian saat mencari makan, tapi juga kadang berpasangan dan dalam kelompok kecil. Dapat ditemui di dalam hutan ataupun perbukitan sampai ketinggian 800 mdpl.

Status Konservasi Burung Kucing Telinga Putih

Status burung ini adalah Risiko Rendah ( LC / Least Concern ) dan termasuk satwa yang dilindungi ( UU N0 5/1990, PP  No. 7/1999 ).

Video burung Kucing Teling Putih / White-eared Catbird



Pada artikel berikutnya nanti akan dituliskan kembali mengenai spesies burung kucing / catbird lainnya. Semoga tulisan mengenai Burung Kucing Telinga Putih / White-eared Catbird ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Salam lestari. Salam kicaumania. ^^

Posting Komentar untuk "Burung Kucing Telinga Putih / White-eared Catbird"